JATIM POWER IS BELONGS TO CREATIVITY

freedomportal.id, 04/08/2018, 11:30 WIB

Penampilan wasted(madiun) di acara jatim power (4/8), SK COFFEE LAB Kediri. (Kiki luqman)

JATIM, freedomportal.id - Sabtu 4/8 acara gigs tahunan Jatim Power 3 telah usai digelar. Di tahun ini pihak panitia mengangkat tema Harcore Gimme Some More. Jatim Power sukses menampilkan band-band handal Jawa Timur, diantarnya ialah 1234! (Sidoardo), Blastmind (Trenggalek), Hadd (Mojokerto), Hyena (Kediri), Koteka Is The Reason (Sidoarjo), Mr. Nice Guys (Batu, Malang), Norrfryght (Depok, Jakarta), Wasted (Madiun), Obat Bius (Bojonegoro), Razor Damage (Kediri), Seized (Kediri), Stepth Spirit (Mojokerto), Stone World (Malang), dan terakhir Wanderlust (Tulungagung).

Hardcore Gimme Some More adalah tema yang diangkat karena pihak panitia ingin mempertunjukan bahwa Hardcore Show tidak hanya sekedar tentang musik Hardcore, panitia mencoba menggelar sebuah acara musik yang dibalut dengan ornamen ornamen lain seperti pembuatan Zine, atau suatau hal yang masih berhubungan dengan seni dan berkarya.

Acara gigs tahunan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 4-5 Agustus 2018 pukul 15.00-Selesai, di SK Coffe Lab, Kediri. Tidak hanya menyajikan Show Hardcore/Punk saja, Jatim Power tahun ini ikut dimeriahkan dengan konten acara lain yaitu, Art Exibion, Record Merchandise, dan juga Hand Poked Tattoo.

“Sebenarnya Acara Jatim Power bukan hanya tentang ngeband atau musik, pada dasarnya tujuan awal kami adalah untuk mengkoneksikan antara band Jawa Timur dan band dimana pun mereka berada. Maka dari itu Jatim Power kali ini juga ikut dimeriahkan oleh band dari luar Jawa Timur, Norrfryght itu dari Depok,” ucap Anca Manimau selaku panitia.

Gigs yang berawal dari spontanitas ini sebelumnya sudah pernah digelar di Batu (Jatim Power Vol 1) dan juga di Sidoarjo (Jatim Power Vol 2). Untuk pemilihan tuan rumah pihak panitia Jatim Power menggunakan konsep kondisional, jadi tidak ada jadwal ataupun undian tertentu untuk menentukan tuan rumah.

Berawal dari spontanitas bukan berarti Jatim Power Adalah acara gigs yang membosankan. Setelah sukses tiga kali digelar di tiga kota, kehadiran Jatim Power menimbulkan opini bagi segelintir kelompok, bahwa Jatim Power adalah ruang kreativitas milik para pemuda Jawa Timur saja, hal tersebut adalah salah besar.

Jatim Power adalah milik semua orang yang ingin berkreativitas dalam hal apapun. “Jatim Power itu pengen ngumpulin para pemuda yang ingin bekreativitas dengan semangat ‘do it with your friend’,” terang anca saat kami temui di SK Coffe Lab.

Pada intinya Jatim Power Hanyalah tittle untuk sebuah acara yang menyediakan ruang bagi para pemuda yang ingin berkarya melaui apapun dan juga tidak menutup kemungkinan bahwa para pemuda luar jawa Timur untuk ikut berkarya di Jatim Power.

Bagi para pemuda yang ingin ikut berkontribusi di Jatim Power, cukup melakukan hal membaur dan membangun jaringan dengan pihak Jatim Power. Sedangkan dalam konteks musik pihak panitia juga tidak ada syarat tertentu untuk bisa nge-band di acara mereka, cukup dengan membangun jaringan dengan pihak panitia agar bisa tampil di panggung Jatim Power.

Kedepannya acara Jatim Power akan mencoba untuk lebih mempersatukan para pemuda yang ikut berkontribusi. Selama ini kendala yang dialami adalah para band-band yang telah tampil di hari pertama biasanya langsung bergegas untuk kembali ke kota asal dengan alasan tertentu.

Jadi, kedepannya pihak panitia akan mencoba membuat acara yang menggunakan konsep nge-camp. Namun kendala tersebut tidak menjadi masalah bagi vokalis band Wasted asal Madiun, Bover. “Mereka kan punya alasan tertentu buat balik, jadi gak ada masalah. Tapi kalau masih bisa stay di venue, alangkah baiknya menikmati acara keren ini hingga usai,” ucap Bover dengan tertawa sempoyongan.

“Harapan kami kedepan Jatim Power mampu lebih mempersatukan tali persaudaraan bagi para pemuda yang berada dimanapun. Sekali lagi Jatim Power bukan hanya milik pemuda Jawa Timur dan bukan hanya acara band, pintu kami terbuka untuk siapapun dan apapun yang berhubungan dengan karya, kamu pengen workshop memasak pun silahkan, bisa kami atur.” Tutup Anca. (Kiki luqman)


@2020 www.freedomportal.id