KOTEKA IS THE REASON GOES TO INTERNATIONAL

freedomportal.id, 06/08/2018, 08:00 WIB

Pada perhelatan Jatim Power Vol.3, kami berkesempatan untuk mengunjungi acara tersebut. Jatim Power Vol. 3 ini berlangsung pada 4-5 Agustus 2018 di SK Coffee Lab , Kediri. Acara ini berisikan penampilan dari beberapa band cadas dari sekitaran Jawa Timur. Acara ini juga menampilkan art exhibition, merchandise, dan Hand Poked Tattoo.

Pada acara Jatim Power Vol. 3  kami langsung tertarik pada salah satu band penampil yaitu Koteka Is The Reason. Nama yang unik dimana terdapat kata Koteka yang merupakan pakaian adat dari Papua. Setelah menyaksikan penampilannya, sekilas mengingatkan dengan salah satu band Hardcore Punk era 80-an yaitu Black Flag.

Setelah acara Jatim Power vol. 3 berlalu, kami berkesempatan mewawancarai Anca, vokalis Koteka Is The Reason. Anca menceritakan mengenai Koteka Is The Reason mulai dari awal terbentuk sampai sekarang. "Koteka Is The Reason sebenarnya cuma proyek Iseng saya di pertengahan tahun 2011 bersama kawan-kawan di sidoarjo, yang pengen mainin musik Hardcore Punk yang beda dari band saya sebelumnya The Shantoso”, ujar Anca.

Koteka Is The Reason sendiri tercipta secara spontan dari celetukan teman-temannya. “Dia bilang ada band Texas Is The Reason, udah namain aja bandnya Koteka Is The Reason, kan family kamu juga banyak di Papua. Dan saya juga tumbuh besar di Papua juga jadi saya pikir yaudah dinamain Koteka Is The Reason aja”, tambah Anca. Anca juga mengatakan jika Koteka Is The Reason Hanya Sebatas Band Hardcore Punk yang ingin merayakan hidup dari segala kepenatan dan kesibukan dengan bersenang senang.

Pada awal berdirinya, Koteka Is The Reason digawangi Anca (vocal), Yuka (gitar), Jono (gitar), Pipit (bass) dan Fajrian (drum). Koteka Is The Reason sering membawakan lagu dari band Instead, Ten Yard Fight, In My Eyes pada awal terbentuknya. Perjalanan Koteka Is The Reason sempat terhenti pada tahun 2013 karena alasan kesehatan salah satu anggota dan kesibukan dari anggota lainnya. Pada tahun 2015, atas ajakan Norris, Koteka Is The Reason kembali aktif. Dengan tambahan beberapa anggota baru.

Mereka mulai menggarap materi baru dengan influence dari band-band Hardcore Punk era 80-an, yang pada akhirnya mengeluarkan album EP pertama yang bertajuk Just Play Some Shit And Fun yang dirilis oleh label Necros Division pada tahun 2015. Saat ini Koteka Is The Reason digawangi Anca (vokalis), Sinyo (bass), Samson (gitar), Yuka (gitar), dan Norris (drum).

Di sela-sela wawancara, kami juga menanyakan mengenai persiapan tour Koteka Is The Reason yang akan dilaksanakan menjelang akhir tahun 2018. Setelah melaksanakan tour Pontang-Panting pada Januari 2018, mereka kembali melakukan tour yang diberi nama Sempoyongan. Dalam tour kali ini Koteka Is The Reason akan menyambangi lima negara. Tour akan dibuka pada tanggal 23 Desember dimana mereka akan bermain di Blitar, selanjutnya merekan akan menyambangi Malaysia, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan terakhir Singapura.

Tour ini diberi nama Sempoyongan karena dalam tour kali ini mereka melakukan lebih banyak show dan ini merupakan pengalaman pertama mereka tour di 5 negara yang pasti akan sangat melelahkan. “Sebenarnya pemilihan nama Sempoyongan juga saya ambil setelah sebelumnya tour kita di Januari 2018 dengan nama Pontang-Panting yang emang beneran pontang-panting buat bisa tour ke Malaysia, Singapore dan Batam”, tambah pria bertumbuh jangkung ini.

 

TETAP MENGANDALKAN PERTEMANAN DAN PROMOSI MATERI BARU

 

Sama dengan tour-tour sebelumnya, dalam tour Sempoyongan ini Koteka Is The Reason mengandalkan pertemanan dan keyakinan. “Jadi untuk bisa sampe mengadakan tour ini semua karena networking friendship dan tetap dengan prinsip yang selalu kami pakai tiap melaksanakan Tour ‘Sing Penting Yakin’ pokoknya yakin aja dulu kalo kita bakalan bisa ngelakuin tour ini, kalo udah yakin kita percaya selanjutnya bakalan nemu jalan dan bakalan lebih berusaha buat merealisasikan Tour ini dan nyiapin waktu”, ujar Anca.

Menjelang tour Sempoyongan yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2018, Koteka Is The Reason sudah mulai melakukan persiapan agar tour dapat berjalan dengan lancar. Di tour Koteka Is The Reason kali ini juga akan membawakan materi-materi baru. “Jadi kalo sesuai target  ketika tour ini kita bisa bawa rilisan Demo Baru. Tetap jualan merchendise untuk pembiayaan tour. Nabung untuk uang jajan tour, jaga kesehatan biar gak tumbang sebelum dan ketika tour, jaga lambung biar tetap okay dan mungkin olahraga yang cukup biar segar dan bugar hehehe padahal bohong kalo olahraga”, ujar Anca.

Materi-materi baru yang di bawakan di tour Sempoyongan merupakan materi untuk EP terbaru Koteka Is The Reason. Album EP ke 3 ini direncanakan rilis pada tahun 2019.

“Rencana awal bulan ini harusnya bisa rilis karena masalah waktu gak pernah ketemu latihan dan sang gitaris dengan problematika permasalahan perkuliahan yang dituntut harus selesai jadi kemungkinan bakalan keluar tahun depan sih”, ujar Anca. Di album EP terbaru ini, Anca menjanjikan materi-materi yang akan berbeda dari album sebelumnya namun tetap dengan warna Hardcore Punk. Menarik untuk ditumggu. (Nathan Adly)


@2020 www.freedomportal.id